Langsung ke konten utama

Renungan Hari Minggu Paska V 28 April 2024: Yesus Adalah Pokok Anggur (Yoh 15: 1-8)

Injil Yohanes 15:1-8 mengungkapkan gambaran yang indah tentang hubungan kita dengan Kristus, menggunakan analogi 'pokok anggur' dan 'ranting-rantingnya'. Kristus menyatakan bahwa Dia adalah pokok anggur yang sejati, dan kita adalah ranting-rantingnya. Seperti ranting yang tidak dapat berbuah tanpa tersambung dengan pokok anggur, demikian pula kita tidak dapat berbuah tanpa tetap berada dalam Kristus.

Pesan yang disampaikan oleh Yesus dalam analogi pokok anggur dan ranting-rantingnya adalah suatu panggilan untuk hidup dalam kesatuan yang erat dengan-Nya. Analogi ini menyoroti pentingnya hubungan personal dengan Kristus sebagai sumber kehidupan rohani. Ketika Yesus menyatakan bahwa Dia adalah pokok anggur yang sejati, Dia menegaskan bahwa hanya melalui-Nya kita dapat mengalami kehidupan yang berarti dan berbuah bagi Kerajaan Allah.

Sebagai umat Katolik, panggilan ini mengingatkan kita akan pentingnya sakramen-sakramen dalam kehidupan kita. Sakramen-sakramen adalah saluran rahmat yang mempersatukan kita dengan Kristus dan memperkuat hubungan kita dengan-Nya. Melalui sakramen-sakramen, seperti Ekaristi Kudus, kita menerima Kristus secara nyata dalam diri kita dan menjadi bagian dari tubuh-Nya yang hidup. Dalam persekutuan sakramen, kita diperbaharui dan diperkuat untuk menghasilkan buah-buah Roh.

Ilustrasi: pexels.com

Selain itu, Injil Yohanes 15:1-8 juga menekankan pentingnya kesetiaan dan ketaatan kita kepada Kristus sebagai pokok anggur. Ranting-ranting yang tetap bersatu dengan pokok anggur akan menghasilkan buah, tetapi ranting yang tidak setia atau terputus akan menjadi tidak berguna. Ini mengingatkan kita akan pentingnya iman yang teguh dan ketaatan yang gigih dalam mengikuti ajaran Kristus. Dalam hidup kita sehari-hari, kita dipanggil untuk menjaga kesatuan dengan Kristus melalui doa yang teratur, pembacaan Firman-Nya, dan kehidupan sakramental yang aktif.

Selain itu, renungan ini juga mengajak kita untuk merefleksikan bagaimana kita dapat menjadi saksi Kristus di dunia ini. Sebagaimana Yesus menyatakan, dengan menghasilkan buah, kita memuliakan Bapa. Oleh karena itu, sebagai umat Katolik, kita dipanggil untuk mempersembahkan buah-buah Roh dalam pelayanan dan kasih kepada sesama. Kita dipanggil untuk menjadi terang dan garam dunia, menyebarkan kasih dan kebenaran Kristus kepada yang membutuhkan.

Sebagai kesimpulannya, Injil Yohanes 15:1-8 adalah panggilan bagi kita sebagai umat Katolik untuk hidup dalam kesatuan yang erat dengan Kristus, menjadi saksi-Nya di dunia ini, dan menghasilkan buah-buah Roh yang memuliakan Bapa. Melalui hubungan yang intim dengan Kristus dan kesetiaan kepada ajaran-Nya, kita dapat mengalami kehidupan yang berarti dan berbuah bagi Kerajaan Allah.

Komentar

Postingan Populer

Soal US Pendidikan Agama Katolik Kelas 12 Tingkat SMA/SMK Dilengkapi Kunci Jawaban

Penulisan Soal Ujian Sekolah (US) khusus mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik diberikan kewenangan kepada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat dan bekerja sama dengan Pusat Pastoral (Puspas) di keuskupan setempat. Di setiap wilayah di Indonesia mungkin tidak demikian. Setiap guru pada satuan pendidikan diberikan kewenangan istimewa untuk menyusunnya secara mandiri. Pada kesempatan ini dibagikan salah satu contoh soal Pendidikan Agama Katolik tingkat SMA dan SMK atau sederajat. Soal-soal ini tentu akan diakses oleh guru maupun murid. Karena itu soal yang dibagikan ini bertujuan sebagai persiapan untuk menghadapi Ujian Sekolah. Soal yang dibagikan ini dilengkapi kunci jawaban pada bagian akhir. Untuk itu sangat diharapkan untuk mengerjakan soal terlebih dahulu baru membandingkan jawaban dengan kunci jawaban pada bagian akhir. A. Pilihan Ganda (Pilihlah jawaban yang paling tepat!) 1. Manusia adalah ciptaan Tuhan yang unik, istimewa dan baik adanya (bdk. Kej 1:26-31). Kita wa...

Program Semester Ganjil Agama Katolik Kelas 11 Tahun Pelajaran 2022/2023

Program semester merupakan salah satu administrasi pembelajaran yang harus dikerjakan guru. Dalam program semester guru memetakan kompetensi dasar dan materi pokok yang akan diajarkan selama satu semester. Pada kesempatan ini kami akan menyajikan salah satu contoh program semester ganjil terbaru tahun pelajaran 2022/ 2023 mata pelajaran pendidikan agama katolik kelas sebelas. Sepanjang semester ganjil ada empat kompetensi dasar yang dijabarkan. Setiap Kompetensi dasar akan disebarkan ke setiap pekan efektif  pada setiap bulannya. Hal ini membutuhkan ketelitian dari bapak dan ibu guru untuk menghitung cakupan materi dalam setiap kompetensi dasar dengan banyaknya jumlah pekan efektif setiap bulannya. gambar ilustrasi dari pixabay.com Hal ini penting agar bapak dan ibu guru tidak asal menulis atau menjabarkan materinya, tetapi guru harus menyesuaikannya dengan jumlah pekan efektif untuk satu semester. Ada pun jumlah pekan efektif untuk mata pelajaran pendidikan agama katolik selama se...

RPP Agama Katolik Kelas 12 Sepanjang Semester Ganjil

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disingkat dengan RPP merupakan rancangan aktivitas pembelajaran yang akan dilaksnakan oleh guru di dalam kelas.  Konsep ini bukanlah sesuatu yang baru bagi guru mata pelajaran.  Walau bukan merupakan hal yang baru, guru harus terus merevisi setiap RPP yang telah dibuatnya pada setiap akhir pelajaran.Sistematikanya mungkin saja tetap tetapi aktivitas pembelajarannya bisa saja berubah untuk setiap kelas tergantung dari karakteristik peserta didik dalam kelas yang bersangkutan. Untuk maksud inilah maka guru harus terus belajar dan meng- update model pembelajaran dengan pendekatannya. Mungkin ini terkesan sepeleh dan remeh tetapi inilah yang semestinya dikerjakan oleh guru atau pendidik. Gambar: pexels.com Sebagai guru mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik, penulis selalu ingin menggaungkan kompetensi atau kemampuan profesional sebagai guru. Sebab sering dtemukan kenyataan bahwa ketika seseorang telah bekerja sebagai guru, ia berhenti belaj...

KKTP Agama Katolik Fase F (Kelas 11)

Kriteria ketercapaian Tujuan Pembelajaran yang disingkat dengan KKTP merupakan salah satu administrasi pembelajaran yang wajib dikerjakan guru. KKTP dimengerti sebagai serangkaian kriteria atau indikator yang menunjukkan sejauh mana peserta didik telah mencapai kopentensi pada tujuan pembejalaran. Dalam menyusun KKTP guru menentukan rincian kriteria. Kriteria ini bisa dalam bentuk skala nilai dan deskrisi. Skala nilai dimulai dari angka Nol (0) hingga seratus (100). Sedangkan deskripsi dimulai dari perlu bimbingan, berkembang, cakap, hingga mahir.  Guru perlu memetakan rentangan nilai untuk kategori perlu bimbingan hingga kategori mahir. Rentangan nilai ini tentu saja telah melewati suatu kajian empiris artinya disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan. Dengan ini sudah bisa dipastikan jika rentangan nilai untuk setiap sekolah berbeda atau tidak sama. Foto: pexles.com Berikut ini akan dibagikan KKTP untuk mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Fase F untuk kelas 11. KKTP yang d...