Langsung ke konten utama

Program Semester Genap Agama Katolik Kelas 10 (Fase E)

Program Semester yang singkat dengan prosem atau promes merupakan rencana pembelajaran yang disusun atau dibuat oleh guru selama satu semester. Hal ini bertujuan untuk memastikan capaian pembelajaran dan kompetensi peserta didik seturut kurikulum yang berlaku. Program Semester memuat alokasi waktu dan  materi pembelajaran, yang dirancang guna mencapai tujuan satuan pendidikan dalam rentang waktu tertentu, yakni enam bulan.

Pada proses pembuatan atau penyusunannya, Program Semester selalu berpedoman pada pada Kalender Pendidikan, silabus dan juga modul ajar.  Hal ini sangat  membantu pendidik atau guru dalam mengorganisir materi pelajaran sehingga dapat diajarkan secara sistematis dan efisien sesuai dengan durasi waktu  yang telah ditentukan.

Manfaat utama dari program semester ialah dapat memberikan panduan yang jelas bagi guru dalam mengatur waktu dan strategi pembelajaran. Selain itu dapat membantu peserta didik untuk memahami materi secara bertahap. Program semester juga bisa memastikan seluruh capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka dapat diselesaikan dalam satu semester. 

Ilustrasi: pexels.com

Berdasarkan pemahaman di atas, program semester merupakan instrumen penting dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran demi pencapaian hasil belajar yang optimal. Pada kesempatan ini akan dibagikan salah satu contoh program semester genap pelajaran agama katolik kelas 10 atau fase E.

Program semester yang dibagikan ini sudah disesuaikan dengan konsep yang telah dijelaskan atau yang dipaparkan di atas. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan jika bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik mempunyai pemahaman yang berbeda. 

Program semester yang disusun tentu sangat bergantung pada konsep dan pemahaman guru. Jadi, program semester yang dibagikan mesti sesuai dengan konsep yang bisa dipertanggungjawabkan. program semester selengkapnya bisa bapak dan ibu guru LIHAT DAN DOWNLOAD DI SINI

Kiranya program semester yang dibagikan ini membantu bapak dan ibu guru untuk kelengkapan administrasi pembelajaran.

Program semester yang dibagikan ini hanya sebagai contoh atau lebih tepatnya sebagai pembanding antara sekian banyak model program semester yang tersebar di jagat maya. Karena itu semua kritikan dan usul saran dari bapak dan ibu guru pendidikan agama katolik sangat diharapkan.

Komentar

Postingan Populer

Soal US Pendidikan Agama Katolik Kelas 12 Tingkat SMA/SMK Dilengkapi Kunci Jawaban

Penulisan Soal Ujian Sekolah (US) khusus mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik diberikan kewenangan kepada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat dan bekerja sama dengan Pusat Pastoral (Puspas) di keuskupan setempat. Di setiap wilayah di Indonesia mungkin tidak demikian. Setiap guru pada satuan pendidikan diberikan kewenangan istimewa untuk menyusunnya secara mandiri. Pada kesempatan ini dibagikan salah satu contoh soal Pendidikan Agama Katolik tingkat SMA dan SMK atau sederajat. Soal-soal ini tentu akan diakses oleh guru maupun murid. Karena itu soal yang dibagikan ini bertujuan sebagai persiapan untuk menghadapi Ujian Sekolah. Soal yang dibagikan ini dilengkapi kunci jawaban pada bagian akhir. Untuk itu sangat diharapkan untuk mengerjakan soal terlebih dahulu baru membandingkan jawaban dengan kunci jawaban pada bagian akhir. A. Pilihan Ganda (Pilihlah jawaban yang paling tepat!) 1. Manusia adalah ciptaan Tuhan yang unik, istimewa dan baik adanya (bdk. Kej 1:26-31). Kita wa...

Program Semester Ganjil Agama Katolik Kelas 11 Tahun Pelajaran 2022/2023

Program semester merupakan salah satu administrasi pembelajaran yang harus dikerjakan guru. Dalam program semester guru memetakan kompetensi dasar dan materi pokok yang akan diajarkan selama satu semester. Pada kesempatan ini kami akan menyajikan salah satu contoh program semester ganjil terbaru tahun pelajaran 2022/ 2023 mata pelajaran pendidikan agama katolik kelas sebelas. Sepanjang semester ganjil ada empat kompetensi dasar yang dijabarkan. Setiap Kompetensi dasar akan disebarkan ke setiap pekan efektif  pada setiap bulannya. Hal ini membutuhkan ketelitian dari bapak dan ibu guru untuk menghitung cakupan materi dalam setiap kompetensi dasar dengan banyaknya jumlah pekan efektif setiap bulannya. gambar ilustrasi dari pixabay.com Hal ini penting agar bapak dan ibu guru tidak asal menulis atau menjabarkan materinya, tetapi guru harus menyesuaikannya dengan jumlah pekan efektif untuk satu semester. Ada pun jumlah pekan efektif untuk mata pelajaran pendidikan agama katolik selama se...

RPP Agama Katolik Kelas 12 Sepanjang Semester Ganjil

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disingkat dengan RPP merupakan rancangan aktivitas pembelajaran yang akan dilaksnakan oleh guru di dalam kelas.  Konsep ini bukanlah sesuatu yang baru bagi guru mata pelajaran.  Walau bukan merupakan hal yang baru, guru harus terus merevisi setiap RPP yang telah dibuatnya pada setiap akhir pelajaran.Sistematikanya mungkin saja tetap tetapi aktivitas pembelajarannya bisa saja berubah untuk setiap kelas tergantung dari karakteristik peserta didik dalam kelas yang bersangkutan. Untuk maksud inilah maka guru harus terus belajar dan meng- update model pembelajaran dengan pendekatannya. Mungkin ini terkesan sepeleh dan remeh tetapi inilah yang semestinya dikerjakan oleh guru atau pendidik. Gambar: pexels.com Sebagai guru mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik, penulis selalu ingin menggaungkan kompetensi atau kemampuan profesional sebagai guru. Sebab sering dtemukan kenyataan bahwa ketika seseorang telah bekerja sebagai guru, ia berhenti belaj...

KKTP Agama Katolik Fase F (Kelas 11)

Kriteria ketercapaian Tujuan Pembelajaran yang disingkat dengan KKTP merupakan salah satu administrasi pembelajaran yang wajib dikerjakan guru. KKTP dimengerti sebagai serangkaian kriteria atau indikator yang menunjukkan sejauh mana peserta didik telah mencapai kopentensi pada tujuan pembejalaran. Dalam menyusun KKTP guru menentukan rincian kriteria. Kriteria ini bisa dalam bentuk skala nilai dan deskrisi. Skala nilai dimulai dari angka Nol (0) hingga seratus (100). Sedangkan deskripsi dimulai dari perlu bimbingan, berkembang, cakap, hingga mahir.  Guru perlu memetakan rentangan nilai untuk kategori perlu bimbingan hingga kategori mahir. Rentangan nilai ini tentu saja telah melewati suatu kajian empiris artinya disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan. Dengan ini sudah bisa dipastikan jika rentangan nilai untuk setiap sekolah berbeda atau tidak sama. Foto: pexles.com Berikut ini akan dibagikan KKTP untuk mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Fase F untuk kelas 11. KKTP yang d...