Langsung ke konten utama

RPP 1 Agama Katolik Kelas 10 Semester Ganjil

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 Agama Katolik Kelas 10 semester ganjil berkaitan dengan materi ajar tentang Aku Pribadi yang Unik. Dalam RPP ini dijabarkan antara lain tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian. 

Hanya ada tiga komponen RPP yang akan dijabarkan dalam RPP ini. Hal ini mengacu pada konsep RPP yang disederhanakan.  RPP yang disederhanakan didasari oleh dikeluarkannya Surat Edaran Kemendikbud No. 14 Tahun 2019. 

Berdasarkan Surat Edaran ini, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan assessment atau penilaian merupakan komponen inti yang wajib dilakukan guru. Sedangkan komponen lain hanya sebagai pelengkap. 

Foto oleh Anastasiya Gepp dari Pexels

Surat Edaran Kemendikbud No. 14 tahun 2019 bisa dilihat DI SINI

RPP yang dibagikan berikut ini memakai konsep RPP yang disederhanakan. Hal ini penting untuk diberitahukan di awal agar bapak dan ibu guru bisa mengetahuinya secara pasti. Jika di satuan pendidikan bapak dan ibu guru masih menggunakan Kurikulum 13 (K 13) versi lengkap maka abaikan saja postingan ini. 

Namun jika sekolah bapak dan ibu guru sudah menyesuaikannya dengan RPP yang disederhanakan berdasarkan Surat Edaran Kemendikbud di atas, maka RPP yang dibagikan berikut ini bisa menjadi salah satu contoh yang layak untuk dilihat dan didownload.

Perlu disampaikan pula bahwa RPP yang dibagikan ini untuk satu kali pertemuan tatap muka. Artinya, alokasi waktu yang dipakai adalah tiga kali empat puluh lima menit (3 X 45 Menit).

Selain itu RPP yang dibagikan ini dilengkapi dengan lampiran format penilaian antara lain penilaian sikap spiritual, penilaian sikap sosial, penilaian kognitif dan penilaian keterampilan. selain itu ada juga lampiran materi ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dilengkapi dengan pedoman penskorannya.

Hal ini dimaksudkan agar bapak dan ibu guru tidak susah paya lagi menyusun LKPD atau bapak dan ibu guru bisa membandingkannya dengan LKPD yang sudah disusun pada satuan pendidikan masing-masing.

RPP yang telah disederhanakan untuk mata pelajaran pendidikan agama katolik kelas 10 semester ganjil silakan bapak dan ibu guru lihat dan download DI SINI

RPP ini sengaja dibagikan di sini dengan suatu harapan bisa membantu bapak dan ibu guru untuk melengkapi administrasi pembelajarannya. Semua saran dan masukan bisa disampaikan pada kolom komentar. Terima kasih, Tuhan berkati. 

Komentar

Postingan Populer

Soal US Pendidikan Agama Katolik Kelas 12 Tingkat SMA/SMK Dilengkapi Kunci Jawaban

Penulisan Soal Ujian Sekolah (US) khusus mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik diberikan kewenangan kepada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat dan bekerja sama dengan Pusat Pastoral (Puspas) di keuskupan setempat. Di setiap wilayah di Indonesia mungkin tidak demikian. Setiap guru pada satuan pendidikan diberikan kewenangan istimewa untuk menyusunnya secara mandiri. Pada kesempatan ini dibagikan salah satu contoh soal Pendidikan Agama Katolik tingkat SMA dan SMK atau sederajat. Soal-soal ini tentu akan diakses oleh guru maupun murid. Karena itu soal yang dibagikan ini bertujuan sebagai persiapan untuk menghadapi Ujian Sekolah. Soal yang dibagikan ini dilengkapi kunci jawaban pada bagian akhir. Untuk itu sangat diharapkan untuk mengerjakan soal terlebih dahulu baru membandingkan jawaban dengan kunci jawaban pada bagian akhir. A. Pilihan Ganda (Pilihlah jawaban yang paling tepat!) 1. Manusia adalah ciptaan Tuhan yang unik, istimewa dan baik adanya (bdk. Kej 1:26-31). Kita wa...

Program Semester Ganjil Agama Katolik Kelas 11 Tahun Pelajaran 2022/2023

Program semester merupakan salah satu administrasi pembelajaran yang harus dikerjakan guru. Dalam program semester guru memetakan kompetensi dasar dan materi pokok yang akan diajarkan selama satu semester. Pada kesempatan ini kami akan menyajikan salah satu contoh program semester ganjil terbaru tahun pelajaran 2022/ 2023 mata pelajaran pendidikan agama katolik kelas sebelas. Sepanjang semester ganjil ada empat kompetensi dasar yang dijabarkan. Setiap Kompetensi dasar akan disebarkan ke setiap pekan efektif  pada setiap bulannya. Hal ini membutuhkan ketelitian dari bapak dan ibu guru untuk menghitung cakupan materi dalam setiap kompetensi dasar dengan banyaknya jumlah pekan efektif setiap bulannya. gambar ilustrasi dari pixabay.com Hal ini penting agar bapak dan ibu guru tidak asal menulis atau menjabarkan materinya, tetapi guru harus menyesuaikannya dengan jumlah pekan efektif untuk satu semester. Ada pun jumlah pekan efektif untuk mata pelajaran pendidikan agama katolik selama se...

RPP Agama Katolik Kelas 12 Sepanjang Semester Ganjil

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disingkat dengan RPP merupakan rancangan aktivitas pembelajaran yang akan dilaksnakan oleh guru di dalam kelas.  Konsep ini bukanlah sesuatu yang baru bagi guru mata pelajaran.  Walau bukan merupakan hal yang baru, guru harus terus merevisi setiap RPP yang telah dibuatnya pada setiap akhir pelajaran.Sistematikanya mungkin saja tetap tetapi aktivitas pembelajarannya bisa saja berubah untuk setiap kelas tergantung dari karakteristik peserta didik dalam kelas yang bersangkutan. Untuk maksud inilah maka guru harus terus belajar dan meng- update model pembelajaran dengan pendekatannya. Mungkin ini terkesan sepeleh dan remeh tetapi inilah yang semestinya dikerjakan oleh guru atau pendidik. Gambar: pexels.com Sebagai guru mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik, penulis selalu ingin menggaungkan kompetensi atau kemampuan profesional sebagai guru. Sebab sering dtemukan kenyataan bahwa ketika seseorang telah bekerja sebagai guru, ia berhenti belaj...

KKTP Agama Katolik Fase F (Kelas 11)

Kriteria ketercapaian Tujuan Pembelajaran yang disingkat dengan KKTP merupakan salah satu administrasi pembelajaran yang wajib dikerjakan guru. KKTP dimengerti sebagai serangkaian kriteria atau indikator yang menunjukkan sejauh mana peserta didik telah mencapai kopentensi pada tujuan pembejalaran. Dalam menyusun KKTP guru menentukan rincian kriteria. Kriteria ini bisa dalam bentuk skala nilai dan deskrisi. Skala nilai dimulai dari angka Nol (0) hingga seratus (100). Sedangkan deskripsi dimulai dari perlu bimbingan, berkembang, cakap, hingga mahir.  Guru perlu memetakan rentangan nilai untuk kategori perlu bimbingan hingga kategori mahir. Rentangan nilai ini tentu saja telah melewati suatu kajian empiris artinya disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan. Dengan ini sudah bisa dipastikan jika rentangan nilai untuk setiap sekolah berbeda atau tidak sama. Foto: pexles.com Berikut ini akan dibagikan KKTP untuk mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Fase F untuk kelas 11. KKTP yang d...